09 Agustus 2009

Balok Es Mutanajis Mencair

Hasil-hasil Bahtsul Masail di Lingkungan Ponpes Sarang

Print this page Generate PDF
Balok Es Mutanajis Mencair

Nadwah Fiqhiyah Al-Anwar 2008
Deskripsi:

Fenomena aktual fiqhiyyah Dilkalngan masyarakat awwam yang sering kali disepelekan oleh intelektual Fiqih menyebabkan problematika-problematika yang masih belum terjawab. Fenomena tersebut terjadi pada kalangan penjual ES batu yang seringkali mereka tidak berhati-hati dalam melakukan sesuatu, akibatnya ES Batu yang mereka jual dijatuhi benda najis atau bahkan jatuh pada tempat yang terdapat najis, namun ironisnya penjual tidak mempermasalahkan hal tersebut, penjual hanya mengusap bagian ES yang terkena najis tanpa membasuh atau menyiramnya dan membiarkannya sejenak untuk proses melelehnya ES tersebut.

Pertanyaan:
  • Sucikah ES batu yang mutanajis yang hanya dibiarkan meleleh tanpa harus dibasuh terlebih dahulu?

Sail LP Al Khozini Sidoarjo

Jawaban:
  • Jika najis berada di pinggir, maka es bisa suci dengan lelehanya, bila najis berada di atas maka esnya harus dibasuh dulu.

مغنى المحتاج-(ج 1/ص 85 )

وما تنجس بغيرهما ان لم تكن عين كفى جرى الماء. (كفى جرى الماء) على ذلك المحل اذ ليس ثم ما يزال. والمراد بالجري وصول الماء الى المحل بحيث يسيل عليه زائدا على النضح.

وفى المجموع شرح المهذب - (ج 1 / ص143)

وان كان الماء جاريا وفيه نجاسة جارية كالميتة والجرية المتغيرة فالماء الذى قبلها طاهر لانه لم يصل إلى النجاسة فهو كالماء الذى يصب على النجاسة من ابريق والذى بعدها طاهر أيضا لانه لم يصل إليه النجاسة وأما ما يحيط بها من فوقها وتحتها ويمينها وشمالها فان كان قلتين ولم يتغير فهو طاهر وان كان دونهما فنجس كالراكد: وقال ابن القاص فيه قول آخر قاله في القديم انه لا ينجس الماء الجارى الا بالتغير لانه ماء ورد علي النجاسة فلم ينجس من غير تغير كالماء المزال به النجاسة: وان كانت النجاسة واقفة والماء يجرى عليها فان ما قبلها وبعدها طاهر: وما يجرى عليها ان كان قلتين فهو طاهر: وان كان دونه نجس: وكذا كل ما يجري عليها بعدها فهو نجس: ولا يطهر شئ من ذلك حتى يركد في موضع ويبلغ قلتين: وقال أبو اسحق وابو العباس بن القاص والقاضي أبو حامد ما لم يصل إلى الجيفة فهو طاهر: وما بعدها يجوز أن يتوضأ منه إذا كان بينه وبين الجيفة قلتان والاول أصح: لان لكل جرية حكم نفسها فلا يعتبر فيه القلتان


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar